Azure Hoewick's Blog©

Welcome to Descendant of Fianna : The Fallen Angel Blog. Feel Free to comment and enjoy the song =))

3.1.3.8 Bus
Hubungan antara CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O) dilakukan melalui suatu jalur yang disebut dengan bus. Hubungan antara CPU dengan memori utama melalui jalur bus yang dilekatkan pada MDR, MAR, dan unit kendali dalam CPU. Sedangkan bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat I/O tidak dilekatkan langsung ke alat-alat I/O, tetapi dapat dilakukan melalui suatu alat I/O port atau DMA controller atau I/O channel. Bus merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur transportasi informasi antara dua atau alat-alat dalam sistem komputer. Bus yang menghubungkan antara CPU dengan memori utama disebut dengan internal bus, sedang yang menghubungkan CPU dengan alat-alat I/O disebut external bus. Di dalam internal bus, hubungan antara CPU dengan memori utama dilakukan melalui data bus yang dihubungkan dengan MDR, dan melalui address bus yang dihubungkan dengan MAR, serta melalui control bus yang dihubungkan dengan control unit.

3.1.4        Pemrosesan Instruksi
Jika pemrogram menginginkan CPU untuk mengerjakan sesuatu, maka harus ditulis suatu instruksi yang dapat dipahami oleh CPU. Kumpulan dari instruksi inilah yang disebut dengan program. Program yang akan diproses dan data yang akan diolah oleh CPU harus diletakkan terlebih dahulu di memori utama. Proses ini yang biasa kita lakukan dengan mengetikkan nama program pada prompt
DOS, atau meng-klik ikon pada sistem operasi Windows. Instruksi-instruksi yang dapat diproses oleh CPU adalah instruksi-instruksi yang sudah dalam bentuk bahasa mesin. Tahap pertama dari pemrosesan suatu instruksi oleh CPU disebut dengan instruction fetch, yaitu proses CPU mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU. Tahap selanjutnya (kedua) disebut instruction execute, yaitu proses dari CPU untuk mengerjakan instruksi yang sudah diambil dari memori utama dan sudah berada di IR register. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap pertama disebut waktu instruksi (instruction time), dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap kedua disebut waktu eksekusi (execution time). Sedangkan total waktu yang dibutuhkan untuk kedua tahap tersebut dinamakan waktu siklus (cycle time).
Beberapa pabrik komputer mengukur kecepatan CPU berdasarkan lamanya melakukan satu siklus mesin yang diukur dengan satuan megahertz (Mhz), dimana satu Mhz berarti dapat diselesaikan satu juta siklus per detiknya. Suatu pengukur waktu yang disebut dengan clock akan berdetak untuk tiap-tiap siklus yang dilakukan. Misalnya suatu pemroses 16 Mhz berarti clock akan berdetak sebanyak 16 juta kali tiap detiknya.

3.1.5        Media Penyimpanan ( Memori ) Eksternal
Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd. Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu akses pun semakin cepat,namu makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan. Untuk media berkapasitas besar dikenal beberapa sitem yang ukuran RPM nya sebagai berikut
3600 RPM Pre-IDE •
5200 RPM IDE
5400 RPM IDE/SCSI
7200 RPM IDE/SCSI
10000 RPM SCSI
Setiap memori eksternal memiliki alat baca dan tulis yang disebut head (pada arddisk) dan side (pada floppy). Tiap piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari seluruh head yang ada disebut cylinder. Suatu track dibagi lagi menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.


 













3.1.5.1  Floppy Disk


 
Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes 
(untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar.

 
Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama. 1.44
Mbytes (untuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.
3.1.5.2  Zip Drive


 
Keterbatasan kapasitas pada floppy disk mendorong lahirnya teknologi baru yang disebut dengan Iomega Zip Drive. Perangkat ini terdiri dari floppy drive dan cartridge floppy khusus, yang mampu menampung samapai hampir 100MB data. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan grafik (biasanya berukuran
mega bytes), yang sebelumnya tidak dimungkinkan untuk disimpan dalam floppy disk.
3.1.5.3  Harddisk

 
Hardisk memiliki komponen-komponen : piringan logan (platter), head, rangakaian elektronik, Harddisk memiliki rangkaian penguat, DSP (digital signal precessor), chip memory, konektor, spindle, dan actuator arm motor controller. Kapasitas harddisk bermacam-macam, mulai dari ukuran Mbytes sampai dengan Gbytes.
Ukuran kapasitas yang sangat besar ini sangat menguntungkan dalam hal penyimpanan data. Seperti halnya floppy disk dan Iomega Zip drive, harddisk juga dapat menangani penulisan berulang kali dengan kecepatan yang relatif jauh lebih cepat dibandingkan dengan floppy disk. Tapi sayangnya, terdapat kendala dalam segi mobilitas, karena untuk memindah-mindahkan harddisk berarti harus membongkar CPU (harddisk tersimpan di dalam CPU). Ternyata, kendala ini telah dapat diatasi dengan adanya konsep  Removable Harddisk. Hardsik dibentuk berupa cartridge, yang dipasang pada removable rack yang terambung pada power supplay dan kabel data IDE Interface-nya.
3.1.5.4  CD-ROM
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itu mulai berkembanglah teknologi penyuimpanan pada optical disc.
CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan degan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubanglubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital.
Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknyayang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa-bawa. Kapasitas penyimpanannya pun cukup besar, yaitu 650 Mbytes. Sehingga media ini biasanya digunakan untuk menyimpan data-data sekali tulis saja, seperti  installer, file lagu (mp3), ataupun data statik lainnya.
3.1.5.5  DVD (Digital Versatile Disc)
DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.


 












Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan. DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki 6 macam versi, yaitu :
ü               DVD-R for General, hanya sekali penulisan
ü               DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan
ü               DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali
ü               DVD-RW, dapat ditulis berulang kali
ü               DVD+RW, dapat ditulis berulang kali
ü               DVD+R, hanya sekali penulisan
Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc, tetapi memerlukan jenis disc yang berbeda untuk melakukan pembacaan. Kompatibilatas antara jenis recorder dengan jenis disc dapat dilihat pada tabel di bawah ini.






3.1.6        Komunikasi Data Dan Jaringan Komputer

 
Kemajuan teknologi komunikasi sekarang mempunyai pengaruh pada perkembangan pengolahan data. Data dari satu tempat dapat kirim ke tempat lain dengan alat telekomunikasi. Untuk Data yang menggunakan komputer, pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik, biasanya disebut dengan istilah komunikasi data (data communication).
Di dalam sistem komunikasi, istilah jaringan (network) digunakan bila paling sedikit dua atau lebih alat-alat dihubungkan satu dengan yang lainnya. Contoh jaringan yang banyak dilihat sehari-hari adalah jaringan radio dan televisi, dimana beberapa stasiun pemancar saling dihubungkan, sehingga suatu program yang sama dapat disiarkan ke segala penjuru.
1.    Komunikasi Data
Untuk mengkomunikasikan data dari satu tempat ke tempat yang lain, tiga elemen sistem harus tersedia, yaitu sumber data (source), media transmisi (Transmission media) yang membawa data yang dikirim dari sumber data ke elemen ketiga yaitu penerima (receiver). Bila salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan.
a.    Media Transmisi Data
Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Untuk dapat mengetahui tentang transmisi data lebih lengkap, maka perlu diketahui beberapa hal yang berhubungan dengan proses ini.
Hal tersebut menyangkut :
·         Media transmisi yang dapat digunakan
·         Kapasitas channel transmisi.
·         Tipe dari channel transmisi.
·         Kode transmisi yang digunakan.
·         Mode transmisi
·         Protokol
·         Penanganan kesalahan transmisi.
Beberapa media transmisi dapat digunakan sebagai channel (jalur/kanal) transmisi atau carrier dari data yang dikirim, dapat berupa kabel maupun radiasi elektromagnetik. Bila sumber data dan penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area yang lokal, maka dapat digunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel dapat berbentuk kabel tembaga biasa yang digunakan pada telepon, coaxial cable (kabel koax) atau fiber optic (serat optik). Kabel koax merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak dan mempunyai tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibanding dengan kabel biasa.tetapi lebih mahal. Sedangkan kabel serat optik dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Kabel jenis ini mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10 kali lebih besar dari kabel koax.
Bila sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh, kanal komunikasi data berupa media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka, yang dapat berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit (satellite system) atau sistem laser (laser system). Gelombang merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun yang lain.
Sifat pemancaran dari gelombang mikro adalah line-of-sight, yaitu tidak boleh terhalang, misalnya karena adanya gedung-gedung yang tinggi, bukit-bukit atau gunung-gunung. Gelombang mikro biasanya digunakan untuk jarak-jarak yang dekat saja. Untuk jarak yang jauh, harus digunakan stasiun relay yang berjarak 30 sampai 50 kilometer. Stasiun relay diperlukan karena untuk memperkuat sinyal yang diterima dari stasiun relay sebelumnya dan meneruskannya ke stasiun relay berikutnya.


 
Karena gelombang mikro tidak boleh terhalang maka untuk jarak-jarak yang jauh digunakan sistem satelit. Satelit akan menerima sinyal yang dikirim dari stasiun gelombang mikro di bumi dan mengirimkannya kembali ke stasiun bumi yang lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya di luar angkasa.
b.      Kapasitas Kanal Transmisi
Bandwidth (lebar band) menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) atau characters per second (cps). Bandwith dengan satuannya bps atau cps menyatakan ukuran dari kapaitas kanal transmisi, bukan ukuran kecepatan. Transmisi data dengan ukuran 1000 bps tidak dapat dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bps, tetapi dapat dikatakan bahwa lebih banyak data yang dapat dikirimkan pada satu unit waktu tertentu (detik).
Kapasitas atau transfer rate (tingkat penyaluran) atau baud rate dari kanal tranmisi dapat digolongkan dalam narrowband channel, voice band channel, wideband channel. Narrowband channel atau subvoice grade channel merupakan kanal transmisi dengan bandwidth yang rendah, berkisar dari 50-300 bps. Biaya transmisi lewat narrow band channel lebih rendah, tetapi biaya rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat kemampuan kesalahan yang besar. Jalur telegraph merupakan contoh dari kanal jenis ini. Voice band channel atau voice grade channel merupakan kanal transmisi yang mempunyai bandwidth lebih besar dibandingkan dengan narrowband channel, yang berkisar dari 300 - 500 bps. Jalur telepon merupakan contoh dari kanal jenis ini.
Wideband channel atau broad band channel adalah kanal transmisi yang digunakan untuk transmisi volume data yang besar dengan bandwidth sampai 1 juta bps. Secara umum transmisi data dengan kanal ini sangat mahal, tetapi bila diperhitungkan biaya per bitnya akan lebih murah dan kemungkinan kesalahan transmisi kecil. Jalur telepon jarak jauh menggunakan kanal wideband, yaitu menggunakan media kabel koax yang ditanam di dasar atau gelombang mikro atau system satelit.
c.      Tipe Kanal Transmisi
Suatu channel transmisi dapat mempunyai tipe transmisi satu arah (one way tarnsmision), transmisi dua arah bergantian (either way transmision) atau transmisi dua arah serentak (both waytransmission). Tipe transmisi satu arah merupakan kanal transmisi yang hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja, tidak bisa bolak-balik. Siaran radio atau televisi merupakan contoh dari transmisi dari arah, yaitu sinyal yang dikirimkan dari stasiun pemancar hanya dapat diterima oleh pesawat penangkap siaran, tetapi pesawat penangkap siaran tidak dapat mengirimkan informasi balik ke stasiun pemancar. Pengiriman data dari satu komputer ke komputer lain yang searah (komputer yang satu sebagai pengirim dan komputer yang lainnya sebagai penerima) merupakan contoh transmisi satu arah.
Tipe transmisi dua arah bergantian (two way transmission atau half duplex) merupakan kanal transmisi dimana informasi data dapat mengalir dalam dua arah yang bergantian (satu arah dalam suatu saat tertentu), yaitu bila satu mengirimkan, yang lain sebagai penerima dan sebaliknya, tidak bisa serentak. Dengan transmisi dua arah bergantian maka dapat mengirim dan menerima data. Walkie-talkie merupakan contoh dari transmisi dua arah bergantian, yaitu dapat mendengarkan atau berbicara secara bergantian.
Tipe transmisi dua arah serentak (both-way transmission atau full-duplex) merupakan kanal dimana informasi data dapat mengalir dalam dua arah secara serentak (dapat mengirim dan menerima data pada saat bersamaan). Komunikasi lewat telepon merupakan contoh dari transmisi dua arah serentak, yaitu dapat berbicara sekaligus mendengarkan apa yang sedang diucapkan oleh lawan bicara.
d.     Perangkat Keras Komunikasi Data
Selain perangkat keras utama, seperti alat input-output, pemroses, dan penyimpanan sekunder, dalam sistem komunikasi data diperlukan bberapa perangkat keras lainnya, antara lain berupa modem. Umumnya jalur transmisi menyalurkan data dalam bentuk data analog, sedang data yang dihasilkan oleh sumber pengirim berbentuk data digital. Suatu alat yang disebut modulator-demodulator (disingkat modem) digunakan untuk merubah data dari bentuk digital ke bentuk analog dan sebaliknya.
2.    Jaringan Komputer
a.       Konsep Jaringan
Jaringan adalah suatu set perangkat keras dan lunak didalam suatu sistem yang memiliki suatu aturan tertentu yang mengatur seluruh aktivitas dan perilaku anggota-anggotanya dalam melakukan suatu aktivitas.
Satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Selain yang bukan komputer juga dapat menjadi node sepanjang mereka dapat berkomunikasi melalui jaringan, dengan mengirim dan menerima datanya terhadap node-node yang lain. Istilah "host" secara umum diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan (network service). Data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan dibawa oleh medium jaringan. Medium yang banyak digunakan adalah Ethernet, termasuk juga Token Ring, FDDI (Fiber Distributed Data Interface; medium yang menggunakan serat optik) dan Apple's LocalTalk.

b.      Komponen Jaringan
Komponen dari suatu jaringan adalah node dan link. Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam jaringan atau menghasilkan ouput informasi atau kedua-duanya. Node dapat berupa sebuah printer atau alat-alat cetak lainnya, atau suatu PC atau komputer mikro sampai komputer yang raksasa atau modem. Sedangkan link adalah kanal atau jalur transmisi untuk arus informasi atau data diantara node. Link dapat berupa kabel, sistem gelombang mikro, laser, atau sistem satelit.
Jaringan yang masing-masing node terletak di lokasi yang berjauhan satu dengan yang lainnya dan menggunakan link, berupa jalur transmisi jarak jauh disebut dengan jaringan eksternal. Sedangkan jaringan yang masing-masing node terpisah dalam jarak yang lokal dan menggunakan link berupa jalur transmisi kabel dsebut sebagai jaringan lokal atau LAN (lokal area network).
c.       Protokol Jaringan


 
Dalam dunia komunikasi data komputer, protokol mengatur bagimana sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer lain. Dalam jaringan komputer dapat menggunakan banyak macam protokol tetapi agar dua buah komputer dapat berkomunikasi, keduanya perlu menggunakan protokol yang sama.
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol ini. Karena menggunakan protokol yang sama, yaitu TCP/IP, perbedaan jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah, sehingga jika sebuah komputer menggunakan protocol TCP/IP dan terhubung langsung ke internet, maka komputer tersebut dapat berhubungan dengan komputer di belahan bumi manapun.
d.      Model Jaringan
Ada dua model jaringan:


 
1. Model peer to peer. Menurut model ini, setiap host dapat menawarkan layanan ke peer lain dan juga mengambil layanan dari peer lain. Model ini cocok untuk  jaringan kecil. Windows for Workgroup menggunakan model ini.


 
2. Model Client/Server. Model ini memisahkan secara jelas, mana yang dapat memberikan layanan jaringan (server) dan mana yang hanya menerima layanan (client).
Beberapa komputer di-setup sebagai server yang memberikan segala sumberdaya (resource) dari jaringan: printer, modem, saluran dan lain-lain kepada komputer lain yang terkoneksi ke jaringan yang berfungsi sebagai client. Untuk dapat berkomunikasi
antara server dan client (dan diantara mereka) server menggunakan aplikasi jaringan yang disebut server program dan, sementara client menggunakan client program untuk berkomunikasi dengan server program pada server.
e.      Arsitektur Jaringan : Topologi
Yang dimaksud dengan topologi jaringan adalah susunan fisik bagimana node-node saling dihubungkan. Ada tiga topologi yang digunakan, yaitu:


 
1. Topologi Bus : Ethernet. Ethernet menggunaan satu kawat (kabel) yang berfungsi sebagai medium untuk mentransmisikan data. Node yang merupakan bagian dari jaringan dihubungkan seluruhnya ke kabel tersebut.
Node-node yang terhubungkan mengirim dan menerima data jaringan melalui kabel sebagai pembawa sinyal dan melihat apakah data tersebut ditujukan buat dirinya.


 
2. Topologi ring: IBM Token ring. Salah satu node dihubungkan dengan node yang ada didepan dan dibelakangnya sehingga membentuk ring. Setiap node mendapat giliran menggunakan jaringan dengan
mengirimkan "token". Node yang mendapat giliran dapat mengirimkan data dan node lain meneriima data, serta melihat apakah data ditujukan kepadanya. Bila ditujukan buat dirinya, datapun disimpan, bila tidak data diteruskan ke node didepannya.


 
3. Topologi Star atau Hub. Susunan atau skema dari topologi ini mirip sebuah lintang. Topologi ini memiliki satu hub pusat dari mana data ditransmisikan ke seluruh node dalam jaringan. Skema ini mempunyai kelebihan dibanding dua skema sebelumnya, yaitu bila terjadi kerusakan pada kabel
tidak membawa dampak bagi seluruh node, tapi hanya node yang bersangkutan saja sehingga aktivitas jaringan tidak terganggu secara total. Ini berbeda dengan skema bus atau ring, dimana bila terjadi kerusakan pada kabel berakibat pada seluruh jaringan.
f.        Fasilitas Jaringan
Beberapa fasilitas dalam jaringan komputer yang dapat digunakan, antara lain sharing, mapping, internet (browsing dan surat elektronik). Sharing digunakan untuk mengakses sumber daya yang terdapat pada server atau suatu workstation sehingga sumber daya ini bisa diakses oleh workstation lainnya dalam suatu jaringan. Sumber daya ini bisa berupa printer, direktori, drive, CD-ROM, dsb. Untuk selanjutnya, dalam sub bab pembahasan ini, workstation akan disebut sebagai komputer.
Dalam melakukan sharing, perlu dibedakan komputer source dan komputer destination. Komputer source merupakan komputer yang memiliki sumber daya yang akan diakses oleh komputer lainnya, sedangkan komputer destination merupakan komputer yang akan mengakses sumber daya.
Mapping berfungsi untuk memetakan suatu direktori pada server/workstation yang terhubung melalui jaringan sedemikian sehingga direktori tersebut seolah-olah menjadi drive lokal. Misalnya komputer B mengambil data dari komputer A, yakni direktori oet dengan cara mapping, sehingga direktori oet pada komputer B seolah-olah menjadi suatu drive lokal, yakni drive O:\. Untuk selanjutnya, komputer A disebut source, sementara komputer B disebut destination.
Mapping hanya bisa dilakukan dengan syarat kedua komputer (destination dan source) terhubung melalui jaringan, dan direktori pada komputer source di-sharing. Fasilitas lain yang saat ini sangat populer adalah internet. Internet mulai berkembang pada tahun 1969, yang pada awalnya dikenal sebagai "internetworking" yaitu hubungan komputer dari sistem yang berbeda-beda, termasuk jaringan dari sistem yang berbeda pula. Istilah Internet mulai resmi dikenal pada tahun 1980-an dengan mulai didefinisikannya protokol TCP/IP yang mengatur semua yang berkaitan dengan internet. Dengan kata lain internet adalah jaringan dari jaringan komputer di dunia dari berbagai macam sistem yang terkoneksi satu sama lain dan melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan-jaringan yang ada di dunia ini dapat berkomunikasi.


 


Internet browser (disingkat sebagai browser) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet. Browser-browser yang sering digunakan diantaranya adalah Netscape Navigator dari Netscape Corporation dan Internet Explorer dari Microsoft.

Surat elektronik (electronic mail atau e-mail) merupakan cara pengiriman surat atau pesan secara elektronis. E-mail telah mengubah cara-cara pengiriman surat konvensional menjadi lebih cepat dan tepat karena dengan e-mail hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik untuk mengirim pesan kepada seseorang. E-mail sangat cocok digunakan untuk korespondensi antara teman, kolega dan lain-lain yang tidak banyak menggunakan formalitas, bahkan jika kita baru mengenal orang lewat e-mail.
Format alamat e-mail adalah user_id@domain, dimana user_id adalah nama yang digunakan untuk login ke provider (user_id) yang dapat ditentukan sendiri, sedangkan domain menunjukkan nama domain dari provider. Misalnya nama provider (perusahaan jasa penyedia layanan internet) adalah Centrin Internet yang memiliki nama domain centrin.net.id dan user_id adalah ivan, maka alamat e-mail (e-mail addres) nya adalah ivan@centrin.net.id.
Untuk bisa menggunakan fasilitas e-mail memerlukan program khusus yang akan digunakan untuk membuat (menulis) pesan, mengirim, mengambil dan seterusnya. Program yang dimaksud antara lain adalah Eudora mail, Netscape Mail, Pegasus Mail, dan sebagainya.

0 Comments:

Poskan Komentar

Atreyu

Atreyu
Atreyu is an American metalcore band from Orange County, California, formed in 1998. The band consists of vocalist/lyricist Alex Varkatzas, guitarists Dan Jacobs and Travis Miguel, bassist Marc McKnight and drummer/vocalist Brandon Saller. The band was originally named "Retribution", but later changed their name to "Atreyu" (after the character of the same name from the fantasy book/movie The Neverending Story), when they found out that another band from Hemet, California had been using their original name.[1] Since their formation the band have since released five studio albums: Suicide Notes and Butterfly Kisses, The Curse, A Death-Grip on Yesterday, Lead Sails Paper Anchor, and Congregation of the Damned. In 2008, they were on the Projekt Revolution tour with Linkin Park and headlined the smaller Revolution Stage along with 10 Years, Hawthorne Heights, and Armor for Sleep.

Alex Varkatzas

Alex Varkatzas

Marc McKnight

Marc McKnight

Brandon Saller

Brandon Saller

Travis Miguel

Travis Miguel

Dan Jacobs

Dan Jacobs

Atreyu - You Eclipsed by Me (Live in Woverhampton 15/11/2007)

Girugamesh \m/

Girugamesh \m/
girugämesh biography girugamesh is a Japanese metal band. The group started when childhood friends ShuU (bass) and Nii (guitar) met up again after a number of years. Searching Chiba prefecture for band members in 2004, the two found skilled songwriter Яyo (drums) and Satoshi (vocals) to form the current group. On the live scene, girugamesh generated considerable buzz with their powerful live shows, adept musicality of a level uncommon in newly-formed bands, and their tremendous potential. The band delivered their debut album, "13's reborn," in September 2006. The group then released their second effort, "Girugamesh," in December 2007. The band's unique and heavy sound has received a great deal of attention internationally. In fact, the group has had numerous offers to play in the United States and Europe. The group embarked on their first six-show tour of Europe in January 2008, demonstrating their ability to play in the world arena. In 2008, the group also went on a 32-show "stupid tour '08 in Japan," which concluded with a sold-out show at Shibuya's CLUB QUATTRO. In the summer, the group toured again, selling out the LIQUIDROOM. In November, the group announced their third album, entitled "MUSIC," which incorporated synthesizers and digital beats to create a melodic and danceable sound. The group followed the release with tours on an even larger scale. From November 2008 to March 2009, the group swept through all 47 prefectures in Japan, which they finished with a sold-out show at Shibuya AX. The two-disc DVD "CRAZY CRAZY CRAZY" contains high-powered footage from these performances. In April 2009, the group played in America. The following month, girugamesh returned to Europe, where they headlined ten shows in seven countries, playing before a total of 7,000 fans. In June, the band was invited to play a long-running rock festival in Sweden and Finland. Upon their return to Japan, the group went out on their "SUMMER EVOLUTION" two-day tour of Tokyo, Nagoya and Osaka. In August, playing for an audience of 20,000 at Makuhari Messe, girugamesh put together an amazing performance in the JACK IN THE BOX 2009 SUMMER show. Finally, in January 2010 they played at Shinkiba STUDIO COST and filled the venue to over 2,000 people for the first time. They sold out most of their shows at live houses for the rest of their Japan tour. In addition to their charged live performances, the group has continued to release new recordings. In 2009, in order to challenge themselves one song at a time, the group released a string of three singles. Their new ambitions were fully realized with their album "NOW," which was released in December 2009. As the title suggests, the album is packed with the very latest from girugamesh—a heavy-hitting rush of sound that leaves us begging for more. If “NOW” gave us girugamesh’s present state of mind, their thoughts about the future were revealed by the single “COLOR,” released in July 2010. The vocals take center stage in “COLOR” and the single has an overall “summer” feel to it. girugamesh then released “Inochi no ki” on October 6, which took one step forward in expanding their emotional palette. The melodies have a distinctly “autumn” feel to them, inducing you to move your body and your heart to the rhythms of the song. Listen to this track, and you are sure to feel very positive about the future!

Satoshi

Satoshi
Satoshi writes all lyrics of girugamesh’s song. He expresses himself straight to what he feels every day, his desire and dissatisfaction with society. He only believes his desire and keeps away from drinking alcohol and smoking cigarettes that are sometimes regarded as a part of typical lifestyle for Rock musicians. Birthday:Oct 13, 1984 blood:O height:168cm weight:52kg favorite:Movies, Indirect lighting, Meat, Pug

Яyo

Яyo
Яyo writes most of songs, and does programming of all songs. He loves pets and has a fun character, on the contrary, he is a hard work person when making songs and doing a recording. He has a great sense of music and is very talented like he plays DJ at the show. Birthday:Sep 20, 1986 blood:A height:163cm weight:50 kg favorite: Cigarettes, Gummy, Music

Nii

Nii
Nii has known ShuU since his elementary school. He loves Sake and Chinese noodles, and always gives the band a charge. Keeping “FREEDOM” in his mind, his strong and unique performance attracts all fans at every show. Birthday:July 22, 1984 blood:A height:173cm weight:53kg favorite:Naritake, Techno music, Alcoho

ShuU

ShuU
ShuU has led the band. He is usually very calm and relaxed, but his performance is so amazing, which has both silent and excitement. He is a person who attracts all fans on the stage. Birthday:Dec 26, 1984 blood:O height:175cm weight:62kg favorite: Fishing, Reading, Cigarettes

Girugamesh_destiny (PV)

Nightmare (ナイトメア Naitomea)

Nightmare (ナイトメア Naitomea)
Nightmare (ナイトメア Naitomea) is a visual kei rock band from Japan. They enjoyed mainstream success with the inclusion of "The World" and "Alumina" in the anime series Death Note and are considered a major act in the ongoing visual kei scene.

Yomi [Vocals]

Yomi [Vocals]

Ruka [Rhytm Guitar]

Ruka [Rhytm Guitar]

Hitsugi [Lead Guitar]

Hitsugi [Lead Guitar]

Ni~ya [Bass]

Ni~ya [Bass]

Ruka [Drum]

Ruka [Drum]

Nightmare - a:FANTASIA (PV)

Hitomi Takahashi

Hitomi Takahashi
Hitomi Takahashi (高橋 瞳 Takahashi Hitomi?, born April 8, 1989) is a rock/pop singer from Miyagi Prefecture in Japan. After being selected as finalist in the Sony Music SD audition, which contained about 20,000 applicants, Hitomi entered the music scene in 2005 with her single "Bokutachi no Yukue". The single was an instant hit for her, and entered the weekly Oricon charts at #1, making her the third solo debut singer to achieve this.

Hitomi Takahashi-Aozora no Namida (Live)

YUI

YUI
Yui (stylized as YUI) (born March 26, 1987), is a Japanese singer-songwriter, multi-instrumentalist, composer, music arranger and actress. She is currently signed to Studioseven Recordings and attached to the talent agency Stardust Promotion.

YUI-Namidairo

Asking Alexandria

Asking Alexandria
Asking Alexandria are an English metalcore band from York, North Yorkshire. Founded in 2008 when Ben Bruce (lead guitar) contacted his old companions upon returning to England after residing in Dubai. The current line-up of the group consists of Ben Bruce, Danny Worsnop (vocals), Cameron Liddell (rhythm guitar), Sam Bettley (bass guitar) and James Cassells (drums).

Danny Worsnop

Danny Worsnop

Ben Bruce

Ben Bruce

Cameron Liddell

Cameron Liddell

Sam Bettley

Sam Bettley

James Cassells

James Cassells

Asking Alexandria-The Final Episode (Let's Change the Channel)

.hack//G.U

.hack//G.U

.hck//G.U Trilogy-Haseo Xth Form (HD)

All Epitaph Users :

All Epitaph Users :
Haseo

Kuhn

Pi

Yata

Endrance

Saku & Bo

Atoli

all about .hack//G.U :

.hack//G.U. is a series of single-player action role-playing games for the PlayStation 2, developed by CyberConnect2 and published by Bandai. The three games are titled .hack//G.U. Vol. 1: Rebirth (再誕 Saitan, lit. Resurrection), .hack//G.U. Vol. 2: Reminisce (君思う声 Kimi Omou Koe, lit. The Voice that Thinks of You), and .hack//G.U. Vol. 3: Redemption (歩くような速さで Aruku you na Hayasa de, lit. At a Walking Pace).

Gameplay

hack//G.U. simulates a massively multiplayer online role-playing game; players assume the role of a participant in a fictional game called The World. While in The World, the player controls the on-screen player character, Haseo, from a third-person person perspective (with optional first-person mode). The player may control the camera using the game controller's right analog stick. Within the fictional game, players explore monster-infested fields and dungeons as well as "Root Towns" that are free of combat. They also can "log-off" from the game and return to a computer desktop interface which includes in-game e-mail, news, andmessage boards, as well as desktop and background music customization options. In Reminisce, an optional card game called "Crimson VS" becomes available. The player may save the game to a memory card both from the desktop and within The World at a Save Shop. After the player completes the game, a Data Flag appears on the save file, which allows the transfer of all aspects of the player character and party members to the next game in the series.

Players can attack monsters in real time. However, the action pauses whenever the menu is opened in order to select magic to cast, items to use, or skills to perform. The player only directly controls Haseo, while the other characters are controlled by artificial intelligence. The player may either provide guidelines ("Free Will", "Rage", "Life", etc.) or issue direct commands (for example, to cast a particular magic at a particular enemy) to the computer-controlled characters. Monsters roam the environments freely or guard treasure chests. Once combat is initiated, via a "surprise attack" or the player being spotted, a wall erects around the combat area to prevent escape. Under certain conditions, the player may execute a "Rengeki" attack via the Skill Trigger menu. These attacks deal greater damage and fill a Morale gauge, which allows the player and his team members to use a combination attack. Certain plot-related fights, called "Avatar battles", use a different interface which incorporates shoot 'em up gameplay elements. After depleting the opponent's health, players must charge up a "Data Drain" to end the battle.

Root Towns are non-combat areas in The World. The player may restock on items, buy equipment, or chat and trade with other "players" of The World. The player may also undertake optional quests and visit guilds. A key feature of all towns is the Chaos Gate. This blue portal is used to travel between towns (called "servers") as well as access the fields and dungeons where battles take place. A password system controls the characteristics of each area. Depending on the characteristics of each word in the three word phrase, the resulting area may have different attributes such as prevalence of monsters or items, among other features.


Plot

The main playable character of .hack//G.U. is Haseo, a player of The World whose friend Shino fell into a coma after being attacked by a PK named "Tri-Edge" within the game. As a result, Haseo becomes obsessed with becoming strong enough to defeat Tri-Edge and save Shino—he earns the nickname "Terror of Death" for his relentless hunting of PKs. As an Epitaph PC, Haseo is recruited into the new incarnation of Project G.U., which now handlesdebugging of The World. Yata, who played a key role in the events of .hack under the name Wiseman, leads Project G.U., while other Epitaph PCs including Kuhn and Pi comprise the rest of the group. Haseo's hostile nature attracts the attention of Atoli, a member of the peace-loving Moon Tree guild, who resolves to befriend him. Haseo is also searching for Ovan, Haseo's and Shino's former guildmaster who disappeared during .hack//Roots under mysterious circumstances.Setting

.hack//G.U. takes place in an alternate version of Earth in the year 2017. As depicted in the first .hack game series, the "2nd Network Crisis" was an incident that occurred seven years ago in which many computer systems across Japan malfunctioned. Through the efforts of those games' hero, Kite, the incident resulted in the birth of Aura, the ultimate artificial intelligence (AI), capable of making decisions for itself. Under the guidance of Aura, The World, the most popular massively multiplayer online role-playing game at the time, flourishes and the events of .hack//Legend of the Twilight occur during this four-year period. In late 2014, Aura disappears, resulting in the slow decay of The World and the Internet as a whole. In response, the company that administrates The World, CC Corp, sets up "Project G.U." and tasks them with remedying the problem. They come up with the "Restore Aura (RA) Plan", in which they attempt to retrieve the fragments of Morganna—an AI that served as Aura's "mother"—and seal them into player characters (PCs) of The World. In theory, this would allow the Project G.U. programmers to manipulate the Morganna program to recreate Aura. Only certain "chosen" players could control these special "Epitaph PCs". After locating candidates to operate the Epitaph PCs, the team proceeds to test the RA Plan despite concerns over "anti-existences" that might damage the Internet. The program fails catastrophically and destroys over 80% of the data for The World. Instead of trying to salvage the data, CC Corp develops The World R:2 and releases it to a new generation of players. However, this new game is less popular than its predecessor and becomes plagued by "player killers" (PKs), players who target other players for fun and sport. The Epitaph PCs which had been lost during the RA Plan disaster resurface in the new version, attached to certain players of interest.

Characters

The main playable character of .hack//G.U. is Haseo, a player of The World whose friend Shino fell into a coma after being attacked by a PK named "Tri-Edge" within the game. As a result, Haseo becomes obsessed with becoming strong enough to defeat Tri-Edge and save Shino—he earns the nickname "Terror of Death" for his relentless hunting of PKs. As an Epitaph PC, Haseo is recruited into the new incarnation of Project G.U., which now handlesdebugging of The World. Yata, who played a key role in the events of .hack under the name Wiseman, leads Project G.U., while other Epitaph PCs including Kuhn and Pi comprise the rest of the group. Haseo's hostile nature attracts the attention of Atoli, a member of the peace-loving Moon Tree guild, who resolves to befriend him. Haseo is also searching for Ovan, Haseo's and Shino's former guildmaster who disappeared during .hack//Roots under mysterious circumstances.

Story

Following the events of .hack//Roots, Haseo has become a ruthless and powerful player. A chance encounter with Ovan leads him to the Hulle Granz Cathedral, where Shino was put into a coma. He encounters and battles "Tri-Edge" but is soundly defeated. Tri-Edge uses a powerful, illegal skill called "Data Drain" on Haseo, which resets his character data to level one. Lacking the strength he once had, Haseo is mistaken for a newbie player by Silabus and Gaspard, who invite him to join their guild, Canard.


Development

Development for .hack//G.U. began in October 2002, towards the end of the first .hack series' production cycle, with CyberConnect2's president Hiroshi Matsuyama as director. According to Matsuyama, the acronym "G.U." has twelve meanings related to the plot of the games but the central theme is "growing up" in many respects. Graphically and technologically, the game is an improvement on the original .hack series. Personally, Haseo grows up as a character, developing his inter-personal skills and his worldliness. As a series, the setting and concept presented in the games are darker and more mature than before. Matsuyama claimed that Rebirth was longer than the four games of the first series combined and that the three .hack//G.U. games would not be "three parts to the same game". Unlike the previous series where the animated tie-in .hack//Liminality was included as a bonus DVD, the development team opted to integrate the animated story into webisodes available in-game. Bandai also released a "Terminal Disc" with the special edition of Rebirth, which further expands the franchise's backstory and bridges the gap between the two game series.

Reception

The series has received a lukewarm reception, but positive sales figures. CyberConnect2 announced that sales of the .hack games exceeded 2.8 million. Patrick Gann of RPGFan recognized the development team's efforts to address the problems of the first .hack series, succeeding in some respects and failing in others. Like the first series, .hack//G.U. goes to great lengths to preserve the illusion of playing an online game, through in-game message boards and news reports, and Gann found that these elements gave more depth to the future world he was experiencing. He found fault in the formulaic progression between dungeon, checking email to find the next dungeon, but the battle mechanics were a marked improvement over the original series. Although the graphics were "spectacular", Gann criticized the limited and repetitive dungeon designs. In his review of Reminisce, Gann noted the relatively good quality of the voice acting, but called the translation script "hit or miss". Minor changes to the battle system, such as being able to change weapons at any time, made Reminisce's combat more exciting. He concluded in Redemption that, while not perfect, the three-part format of the series was relatively more worth it than its previous iteration. Meghan Sullivan of IGN described the series as an overall improvement over the first series but complained that the Avatar battles were boring and a missed opportunity for a "very cool feature". She also suggested that the storyline could be streamlined by allowing e-mail access within The World. Despite deriding the "filler" story of Rebirth, Sullivan found Reminisce to be much more enjoyable due to its more mature storyline. However, she found the new Crimson VS card game to be as "pointless" as the Avatar battles. The overall sentiment conveyed by multiple reviewers was that the new games would appeal to fans of the series, but would have been much better if released as a single game.

Manga

Lesley Smith wrote ".hack//GU+ is yet another outlet for the story to shine combining a compelling mythology with the manga format."

Related media

.hack//Roots was a TV anime series that serves as a prequel to the video games, depicting Haseo's first experiences playing The World. As part of a larger multimedia franchise, the games have inspired a variety of subsequent novels, manga, and film. A novel series of the same name retells the story of the games with slight modifications, such as depicting Epitaphs as weapons instead of physical Avatars. .hack//G.U.+ serves as a manga adaptation of the game's story. .hack//G.U. Trilogy is a computer animated film adaptation of the games that takes numerous liberties with the story. The games' sequel is .hack//Link, a manga series that takes place three years in the future with a new version of The World.


Music

.hack//G.U. Game Music O.S.T. and .hack//G.U. Game Music O.S.T. 2 are the soundtracks for the .hack//G.U. games. The former contains 62 compositions from Rebirth while the latter contains 58 compositions from Reminisce and Redemption. Both soundtracks come with a third disc with special features, such as game trailers, desktop wallpapers, and voice clips. Chikayo Fukuda composed the music for the series, as well as for the previous set of .hack games. Patrick Gann of RPGFan commended Fukuda's more mature sound, noting a greater emphasis on vocal tracks than before. He praised the use of piano as a key instrument and found this soundtrack to be more memorable overall. Gann also appreciated the wide variety of styles from "silly character themes" and "rock-hard battle themes" to "beautiful piano solos".

About this blog

random encounter. don't ask me what or why!

Followers

About Me

Foto saya
I just a person who want to be a normal human and deserve a normal life. I know i'm not perfect, because there's no one perfect. I just want to have many friends, not enemies. I hate hypocrisy person, who stabbed from back.

Don't compare me with anything..


ShoutMix chat widget

Goddamn Playlist \m/

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.